gambar unggulan

Bawang  bombai adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia bahkan dipasaran. bawang bombai  sering digunakan untuk melezatkan masakan sebagai bambu dalam menambah cita rasa pada masakan.

Tanaman dengan jenis bawang ini mengandung banyak nutrisi dan zat yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan bnyak juga yang menggunakannya sebagai obat untuk penyakit tertentu.

Tapi belum banyak juga yang mengetahui manfaat bawang Bombai, namun itu tak lepas dari nutrisi yang ada didalamnya. Adpun nutrisi yang terkandung dalam bawang bombai adalah , karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, zinc, vitamin C dan Vitamin B6.

bombay min

Dari sekian zat yang terkandung dalam bawang bombai itu yang menentukan manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperolah dari mengomsumsi bawang bombai

  • Kesehatan pencernaan

Karena kaya akan serat tanaman bawang bombai  dapat dikomsumsi untuk kelancaran buang air besar dan mencegah konstipasi. Kandungan serat tersebut memiliki sifat prebiotic yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri yang baik dalam usus hingga menyehatkan sakluran cerna.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkn bahwa bawang bombai mampu mencegah pengumpalan darah dan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Kandungan antioksidan dan quercetin dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kombinasi dari bawang bombai tersebut baik  untuk dikomsumsi dalam menjaga dan mengontrol kesehatan jantung serta mencegah jenis penyakit jantung dan stroke.

  • Mengendalikan  Kadar Gula

Bawang bombai juga diyakini dapat mengontrol kadar gula darah dan juga meningkatkan kadar hormone insulin dalam tubuh. Untuk para penderita diabetes tipe 2 dapat mengomsumsi bawang bombai.

  •  Menjaga kesehatan tulang

Selanjutnya adalah manfaat bawang bombai yang didukung oleh beberapa penelitian bahwa mengomsumsi bawang bombai secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang.  Ada juga mengatakan bahwa bawang ini mapu mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul pada wanita yang memasuki masa menopause.

  • Mencegah  Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam bawang bombai  mampu  melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas  yang memicu terjadinya berbagai macam penyakit seperti kanker.  Keamanan bawang bombai menghambat perkembangan penyakit degenerative masih perlu penelitin yang lanjut.

  • Mengimbangi infeksi bakteri dalam tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang bombai juga diyakini berpotensi untuk melawan dan bakteri penyebab penyakit . meski demikian mengenai hal ini masih diperlukan penelitian yang lanjut mengenai evektivitas tingkat keamanan dalam mengomsumsinya.

Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, bawang bombai dapat dikomsumsi dengan cara diolah dengan berbagai jenis masakan, baik itu untuk sup dan salad. Tidak disarankan untuk mengomsumsi bawang bombai dengan cara digoreng, karena akan menghilangkan kandungan nutrisi bawang bombai bagi kesehatan.

Bawang bombai saja tidak cukup namun juga mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengomsumsi makanaan yang berserat lainnya seperti sayuran dan lain-lain.

By penulis