gambar unggulan

Yoda - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Star Wars menjadi salah satu film legendaris yang masih populer hingga saat ini, baik di kalangan remaja maupun orang tua. Beberapa event, bahkan masih memakai sejumlah tokoh dari film tersebut sebagai karakter dari tema acaranya.

Ada salah satu tokoh sentral yang dari penampilannya saja sudah tidak biasa, sehingga memikat hati banyak penonton. Siapa lagi kalau bukan Master Yoda, dan inilah beberapa fakta uniknya.

  • Nama Depan yang Masih Menjadi Rahasia

Yoda, makhluk kecil berwarna hijau yang nama depannya sampai sekarang belum pernah terungkap. Konsep yang datang dari George Lucas, selaku sutradara dan prosedur dari serial film Star Wars memang tidak bisa lagi dibantah.

Beliau rupanya memang sengaja tidak memberikan nama depan untuk karakter imut tersebut supaya karakter, beserta sisi misterius untuk si tokoh semakin terbentuk.  Jadi, Master Yoda memang hanya memiliki satu nama yang mudah diingat oleh penonton sampai saat ini.

Namun, ada sebuah spekulasi bahwa nama depan sebenarnya, yang selama ini tidak diketahui adalah Minch. Spekulasi tersebut dibantah karena Minch adalah nama dari karakter jedi lain, yang berspesies sama dengan Yoda.

  • Hampir Diperankan oleh Seekor Kera

Di dalam serial Star Wars, Jedi memang digambarkan sebagai pahlawan utama dari jagat atau lingkup mereka. Organisasi yang dibentuk memiliki sifat akademik yang mendidik, paramiliter, monastik, maupun meritokratik yang memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk berkewajiban dalam memimpin, berdasarkan kemampuan atau prestasi.

Sosok sang Jedi master memang dikenal bijaksana dan berwibawa. Kemampuan tersebut dapat dilihat dari cara bicaranya yang berbeda, tetapi tidak jarang juga sosoknya menampilkan sisi yang lucu.

Bicaranya terkadang menggunakan tata bahasa yang terbalik-balik, sehingga ciri khasnya yang seperti itu kerap kali mengundang tawa. Jika dilihat dari buku The Making Of Star Wars yang digarap oleh J. W. Rinzel, Yoda seharusnya sudah diperankan sebagai seorang kera.

Binatang tersebut juga menggambarkan sosok yang pintar dan lucu dalam beraktivitas. Tidak hanya itu, sang kera rencananya akan dilatih untuk mengasah kemampuan dalam memakai topeng maupun tongkat. Kira-kira, apa jadinya jika karakter tersebut benar-benar terwujud dan menampilkan sisi bonekanya?

  • Bertahan Hidup Sampai Usia 900 Tahun

Sang master memiliki umur yang sangat panjang untuk menjadi tokoh berwibawa. Yoda hadir pada tahun 896 BBY (Before The Battle Of Yavin) dan meninggal pada usia 900 tahun, tepatnya saat ABY (After The Battle Of Yavin).

Waktu-waktu tertentu itulah yang membuat hidupnya dapat bertahan lama. Tinggi dari sosoknya adalah 66 cm, disertai berat 17 cm. Meski kecil-kecil cabe rawit, sosoknya berkesempatan untuk dilatih oleh Jedi Master N’Kata Del Gormo.

  • Ditemukannya Cacing Mirip Yoda

Sosok Yoda dengan tongkat supaya membuatnya kuat dan dapat berjalan cepat, apabila menggunakan force pastinya selalu familiar dalam sekali lihat meski bukan penggemar filmnya sekalipun. Pada tahun 2012, seekor cacing ditemukan tepat di bawah 1,5 mil dari Samudra Atlantik.

Uniknya, bibir dari cacing tersebut tampak besar pada sisi kepala, sehingga yang melihatnya langsung teringat akan sosok master Jedi yang memiliki mata hijau. Sang cacing akhirnya diberi nama Yoda dengan nama panjang Yoda Purpurata.

Siap untuk menyaksikan langsung serial Star Wars : The Force Awakens? Master Yoda nyatanya benar-benar menyita perhatian karena tingkah lakunya. Frank Oz yang merupakan pengisi suara dari karakter tersebut, benar-benar berhasil menjadikan tokoh supaya sesuai, sekaligus membuat penonton merasa bahagia.

 

 

By penulis