Ciri – Ciri Anak Sehat Baik Secara Rohani Maupun Jasmani

Ciri – Ciri Anak Sehat Baik Secara Rohani Maupun Jasmani

Anak yang sehat tentunya menjadi impian setiap orang tua. Sehat saat ini bukan hanya sehat secara jasmani saja akan tetapi juga sehat secara rohani atau mental anak. Untuk memastikan anak sehat dan baik sebagai orang tua harus mengenal ciri-ciri anak yang mempunyai kesehatan baik secara jasmani dan rohani.

Ada banyak cara yang dilakukan orang tua untuk membuat buah hatinya menjadi anak yang lebih sehat mulai membawa anak check up kesehatan, melengkapi imunisasi dan memberikan nutrisi yang cukup kepada anak. Agar masalah kesehatan dan tumbuh kembang si kecil dapar dideteksi secepat mungkin, orang tua harus mengetahui ciri– ciri anak sehat baik dari segi fisik dan mental spiritualnya.

Kenali ciri  ciri anak sehat secara jasmani

Anak yang sehat secara jasmani berarti anak yang dalam keadaan fisik yang prima dengan pertumbuhan yang baik. Ia mempunyai ciri  ciri yang digambarkan dengan sangat jelas seperti di bawah ini:

  1.   menjadi anak yang aktif dalam melakukan kegiatan fisik

aktivitas fisik merupakan kegiatan apa saja yang membuat anak menggerakkan tubuh seperti bermain, berolahraga, berjalan, berlari, berenang atau bersepeda, anak  anak yang rutin melakukan kegiatan fisik akan cenderung lebih percaya diri, mudah konsentrasi di sekolah, mudah berbaur dengan teman, mau berbagi dan bekerja sama serta tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, aktivitas fisik juga dapat memperkuat tulang otot jantung dan paru – paru anak serta mencegah obesitas di kemudian hari.

  1.   mempunyai pertumbuhan yang baik

setiap anak mempunyai laju pertumbuhan yang unik dan berbeda, akan tetapi meskipun demikian penambahan tinggi dan berat badan yang normal pada anak akan meningkat secara proporsional. Pertumbuhan yang pesat biasanya akan terjadi ketika usia anak 8-13 tahun pada anak perempuan dan usia 10-15 tahun pada anak laki- laki. Normal atau tidaknya pertumbuhan anak yang lebih sehat dapat diketahui melalui grafik pertumbuhan yang diperiksa oleh dokter saat anak melakukan control kesehatan.

  1.   mempunyai tampilan fisik yang sehat

tampilan fisik pada anak dapat menjadi indikasi bahwa anak tersebut sehat dengan ciri – ciri kulit tampak sehat tidak terlalu kering, berbentol atau korengan. Rambut juga tidak rontok, kulit kepala tidak berkutu, serta kuku dalam keadaan yang bersih dan tidak mudah patah. Selain itu anak yang sehat juga mempunyai lidah berwarna pink, mulut tidak berbau dan gigi yang tidak berkarang atau tidak berlubang.

Ciri – ciri anak sehat secara rohani

Kesehatan jasmani memang sangatlah penting akan tetapi kesehatan rohani atau mental anak tidak kalah pentingnya. Kesehatan rohani ini berkaitan dengan sikap, kepribadian, perkembangan, kemampuan akademik, cara pandang terhadap diri sendiri dan orang lain sampai kemampuan menghadapi stress dan tantangan.

Ciri – ciri dari anak yang sehat rohaninya diantaranya adalah emosi yang stabil, ceria dan percaya diri, mudah bergaul, mudah belajar dan cukup istirahat. Cukup istirahat ini menjadi peran yang sangatlah penting terhadap kesehatan rohani dan jasmani anak. Setidaknya anak balita membutuhkan tidur selama 10-13 jam sedangkan anak sekolah membutuhkan tidur selama 9-11 jam setiap malamnya.

Itulah ciri – ciri anak sehat jasmani dan rohani atau mentalnya. Apabila anda mendapati perubahan fisik anak yang menyangkut kesehatan tubuhnya konsultasikan kondisi anak dengan dokter. Begitu pula apabila anda menemukan perubahan mood atau sikap anak yang berlangsung lama segera konsultasikan dengan psikolog untuk menangani gangguan tersebut.