gambar unggulan

Ciri Bibit Ikan Lele Yang Berkualitas Unggul Untuk Budidaya

Pemilihan bibit ikan lele harus dilakukan dengan tepat mengingat hal ini sangat penting terhadap kelanjutan budidaya.

Sayangnya banyak budidaya pemula yang kurang memperhatikan hal ini, sehingga menyebabkan ikan yang dipelihara tidak cepat besar dan bukan tidak mungkin jika akhirnya banyak yang mati.

Ciri Bibit Ikan Lele Unggul

Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya mengetahui ciri ciri bibit ikan lele yang berkualitas unggul berikut ini.

1.Memiliki Badan Yang Mulus dan Sewarna

Ciri ciri bibit yang unggul adalah memiliki badan yang mulus dan semuanya seragam warnanya. Patikan juga Anda membelinya dari pendederan yang jual bibit ikan lele berwarna coklat tua tau kehitam hitaman. Morfologi untuk benih ikan ini harus seimbang mulai dari kepala hingga badan.

bibit ikan lele

Selain itu, kulitnya juga terlihat cerah dan mengkilap. Jika ciri ciri tersebut ada pada bibit ikan lele yang akan dibeli, maka itu menandakan bahwa bibit tersebut berkualitas unggul.

2.Ikan Lele Tidak Pucat

Salah satu ciri ciri ikan lele yang sehat adalah sempurna fisiknya serta tidak akan kecacatan.  Jika anda menemukan bibit lele yang pucat dan kurang lincah maka itu menandakan bahwa bibit tersebut tidak sehat.

Sebaiknya pisahkan bibit tersebut dengan bibit lain. Selain itu hal ini juga bisa dilihat dari bibit ikan lele yang suka memojok di kolam dan tidak menggerombol.

3.Indukan Yang Berkualitas

Jika memang bibit tersebut didapatkan dari pemijahan sendiri, maka akan lebih baik lagi karena anda bisa memastikan bahwa indukan yang digunakan untukpemijahan memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, perkawinan antara kekerabatan yang dekat jika bisa dihindari. Akan semakin bagus lagi jika semakin jauh tingkat kekerabatannya. Hindari ikan yang sudah cukup tua karena biasanya tingkat keberhasilan pemijahan tergolong rendah.

4.Seragam Ukuran

Tidak hanya bibit ikan lele saja, memilih bibit ikan lain juga harus seragam. Ketika memilih bibit yang tidak seragam maka resiko kanibalnya juga akan semakin tinggi sehingga ikan lele yang besar bisa saja memangsa ikan lele yang berukuran yang kecil.

Hal ini bisa menyebabkan jumlah lele yang dibudidaya menjadi semakin berkurang. Agar semakin seragam  maka sebaiknya lakukan pensortiran dengan menggunakan alat grading.

Itulah beberapa ciri ciri bibit yang berkualitas unggul. Selain itu, ada juga ciri ciri bibit yang sehat dimana biasanya tidak menggantung. Jika andamenemukan bibit lele mengaggung maka itu enandakan bahwa kondisi tubuh ikan tidak baik.

Sebaiknya pisahkan ikan tersebut di tempat lain agar tidak membuat ikan yang lain ikut sakit. Selanjutnya beri perawatan dengan menambahkan suplemen tambahan pada bibit ikan lele.